Kunjungan Khot

Kamis, 18 Maret 2010 kami akan kedatangan seorang kawan yang sedang pulang kampung dari studinya di Mesir. Datang karena ada keperluan sekaligus silaturahmi antar sesama kaligrafer, (halah…)  Tapi hari kamis itu juga aku ada jadwal ujian komprehensif, sedangkan seorang kawan yang biasanya standby di DKM kebetulan ada tugas penting yang harus dikerjakan. Jadi kami sepakat bahwa hari kamis kegiatan kaligrafi di DKM libur, dan kawan yang akan berkunjung tadi akan ditunda kedatanggannya hari jumat besok.

Rabu malam saya disuruh kawan kuliah untuk ke warnet mengecek info tentang diundurnya jadwal ujian komprehensif karena ada seminar internasional. Benar, setelah saya cek di website fakultas syariah ternyata ujian kompre diundur. Senang rasanya mendengar kabar diundurnya ujian, karena malam itu saya sangat lelah dan ngantuk berat setelah latihan seharian di DKM. Waktu yang seharusnya saya manfaatkan untuk belalajar semalam suntuk, akhirnya bisa digunakan istirahat. Alhamdulillah…

Kamis pagi setelah bangun tidur. Ada beberapa sms masuk dengan nama yang sama dan tadi malam belum sempat terbaca. Ternyata dari kawan el-kamal yang mengabarkan bahwa tugas yang harus dikerjakannya hari kamis itu tidak jadi. Karena jadwal ujian kompre juga diundur, kawan saya tadi mengusulkan untuk mengabari kawan dari Mesir agar hari kamis itu juga datang (tidak jadi diundur). Tapi waktu itu kamis pagi, otomatis terlalu mendadak jika harus meminta kawan dari Mesir tadi untuk datang ke Malang. Finally, hari kami itu benar-benar libur bur, tanpa kegiatan apapun. Tanpa ujian, tanpa latihan, tanpa kunjungan.😦

Jum’at pagi, dapat sms lagi dari kawan el-kamal, dia mengabarkan bahwa kawan dari Mesir berhalangan berkunjung hari ini dan akan berkunjung hari sabtu besok sekitar jam 7 sampai jam 10. Walah… !!! Gagal lagi… It’s oke, mungkin keadaannya sedang tidak memungkinkan, lagi pula kawan-kawan el-kamal sendiri tidak bisa banyak yang datang hari jumat itu karena berbagai kendala juga. Hanya saja kemungkinan saya besok tidak bisa ikut menyapa tamunya karena harus ujian. Apalagi tamunya datang pagi, kira-kira pada jam itu saya masih di kelas mengerjakan soal. Okelah kalo begitu,,, semoga yang di kampus dan di DKM sama-sama lancar kegiatannya.

Sabtu, muraja’ah materi ujian tidak ngoyo saya lakukan. Entah kenapa saat-saat yang seharusnya saya kelimpungan dan ketakutan akan menghadapi soal-soal yang katanya killer, tapi saya merasa amat sangat santai pagi itu. Buka buku-buku yang saya punya seadanya, dan dibaca sekedarnya. Jam 8 pun saya berangkat. Alhamdulillah setelah satu setengah jam kira-kira jawaban soal kompre sudah bisa saya kumpulkan, sy keluar kelas sambil bernafas lega. HP di tas bunyi, ternyata sms tentang kabar bahwa di DKM kawan-kawan sudah kumpul, termasuk kawan dari Mesir sudang datang. Wah, kalo gitu saya masih punya kesempatan nyapa kawan tadi. Saya pun segera menyusul ke DKM.

Alhamdulillah, meski waktunya tidak bisa longgar karena kawan dari Mesir tadi mengejar jam bis pemberangkatan ke Bandung, kami sangat senang bisa mendapatkan beberapa pengalaman dan informasi yang bermanfaat dari beliau. Berbagi wacana dan berbagi dokumentasi tentang kaligrafi memang sangat kami butuhkan. Terutama dari orang-orang yang pernah merasakan pendidikan kaligrafi secara langsung dari sumbernya. Semoga kawan-kawan yang lain punya kesempatan juga untuk silaturahmi lagi dengan kami. Termasuk semoga kami juga bisa silaturahmi balik ke Mesir. Pak Bambang bilang “nanti dari el-kamal juga harus ada yang silaturahmi sekaligus belajar kaligrafi di Mesir, biar Diah yang mewakili”. Entah beliau bilang gitu hanya guyon atau serius, yang jelas diah bilang “Amin, dengan senang hati…”.🙂

2 thoughts on “Kunjungan Khot

Leave a Reply

