Malang Kembali IV 2009

di depan gerbang MTD

di depan gerbang MTD

Malang Tempo Dulu 2009, Organisasiku (UKM SR & El-Kamal) kembali dipercaya mengisi salah satu zona di MTD 2009. Kalau kemarin aku masih mendapat pendampingan secara langsung dari Pak Bambang (Pembina Kaligrafiku) untuk mengurusi segala sesuatu untuk persiapan MTD, termasuk mengajak teman2 UKM SR untuk ikut bagian juga mensukseskan MTD 2008 khususnya untuk penampilan musik Islami. Namun tahun 2009 ini, beliau sudah tidak ingin lagi campur tangan, belaiu ingin kami khususnya aku bisa mandiri mengatasi segala persiapan untuk MTD 2009.

Untuk langsung berkomunikasi dengan panitia, kali ini aku ditemani sama partner UKM SR, mas tova. Tahun ini kami diberi tema khusus yaitu Zona Pendidikan yang merupakan pengenalan pendidikan tempo dulu, mulai system sampai alat-alat sekolah zaman dahulu. Karena partnerku adalah teman UKM SR sendiri, jadi tidak heran kalau di zona pendidikan, kegiatan dan teknisinya didominasi dari teman-teman UKM SR, bukan dari El-Kamal layaknya tahun 2008. bagiku tidak masalah yang penting komunikasi keduanya lancar dan tidak ada salah paham.

MTD tahun ini ada yang berbeda dari tahun lalu. Pengunjung kaligrafi  menurun dari pada tahun sebelumnya. Dulu pemesanan nama sangat banyak sekali sampai-sampai teknisinya kewalahan, tapi kali ini yang pesan nama Cuma 5 orang. Dulu ada sekitar 4 sampai 5 orang ada yang memesan karya yang tingkatnya menengah ke atas, sekarang satu pun tidak ada. Dulu para pengunjung banyak yang antusias untuk mempraktekkan menulis kaligrafi atau sekedar melihat karya-karya kaligrafi yang kami pamerkan, tapi kali ini sepi sekali, bahkan untuk sekedar melihat karya pun para pengunjung tidak antusias. Dulu ketika teman-teman UKM SR menampilkan musik Islami, panggung islami dipadati pengunjung sampai-sampai tidak ada celah sekedar untuk mengintip dari belakang.

Perbedaa-perbedaan yang mengarah pada penurunan intensitas tersebut sebenarnya tak lepas juga dari beberapa factor, factor yang paling utama adalah cuaca. Mei yang seharusnya sudah bercuaca panas, tahun ini masih diguyur hujan. Jadi mungkin masyarakat enggan keluar lama-lama karena takut kehujanan. Factor yang lain, mungkin teman2 bisa Bantu mengidentifikasi (hehe…).

Ada penurunan intensitas bukan berarti penurunan kualitas, kali ini banyak pembaharuan system yang kami lakukan. Selain menggelar beberapa workshop. Kami juga menyediakan MC/ guide untuk menjelaskan kepada pengunjung fasilitas apa saja yang ada di zona pendidikan. Tak terkecuali aku juga ambil bagian jadi MC. Sebenarnya aku gak dapat jadwal, tapi tak lihat kalau waktu sore gak ada yang ngeMC, jadi aku ambil aja micnya and cuap-cuap sekenanya namun tetap dalam konteks pendidikan. Sebenarnya cape juga, namun  dengan adanya MC ternyata sangat berpengaruh untuk menarik minat pengunjung untuk datang di zona pendidikan, rasa haus dan capek hilang begitu saja. Bahkan pak yon (penyelenggara MTD) bilang aku kok kuat ngomong terus gak berhenti2, bagus sih… tapi mungkin kekurangan bahan pembicaraan, jadi yang diomongkan mbulet…. Saja…

Aku bersyukur, atas kerjasama teman2 yang selalu semangat, acara ini berakhir sukses. Terimakasih untuk teman2 kaligrafi jombang yang dah berkunjung ke malang kembali, and terimakasih khususku untuk teman2 yang nginep 3hari di sana, mas ali, afif, mast ova, santoso, haris, dll. Semoga tahun depan lebih sukses…

berikut dokumentasinya…

berpose dengan mas karno…

di depan backdrop pak sukarnoada kunjungan dari teman-teman kaligrafi jombang, pak athok dan mas ali berpose bersama teman2 el-kamal di Pameran Lukisan Internasional bertempat di Perpustakaan Kota Malang.

kunjungan dari khottot jombang

kunjungan dari khottot jombang, pak athok dan mas ali

ada juga foto-foto narsis temen2 el-kamal

dila, diyya, unun, silvi

dila, diyya, unun, silvi

kalo sore aku nge-MC

Diyya MC

sekalipun nge-MC, aku masih menyempatkan diri foto sama pengunjung zona pendidikan

bersama anak sekolah dan pak sukardianto

bersama anak sekolah dan pak sukardianto

hari terakhir jalan2 naik dokar, uasyik deh,,,

mau naik dokar tapi gak jadi,, hehe..

mau naik dokar tapi gak jadi,, hehe..

kalo foto di bawah ini aku dapat dari fotografer malang kembali yang kebetulan sedang meliput acara di zona pendidikan

mas ali lagi serius

mas ali lagi serius

5 thoughts on “Malang Kembali IV 2009

  1. wah……peminate kaligrafi kok sedikit? mungkin kurang promosinya kali ataw karya2 kaligrafinya kurang menarik. he..9. maksudq sebaiknya ada format baru dalam pameran kaligrafinya, nggak hanya lingkup karya2 MTQ aj. OK. cz semuanya butuh konsep pengembangan. doakan aja untuk tahun depan aq bisa berpartisipasi, lebih2 q bisa tampilkan karyaq.

  2. lah ini wong ngawi juga toh….ini ku juga wong ngawi yang berdiam di malang n kemaren juga stand selama 4 hari full di MTD…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s